Video Viral Satu Keluarga di Larang Ibadah Online di Rumahnya

oleh -87 views

CIKARANG|video viral di media sosial sekeluarga di Larang beribadah di rumahnya,sekeluarga tersebut beribadah secara online.

karena sebagai upaya menekan penyebaran pandemi virus corona SARS-COV-2 penyebab penyakit Covid-19.
karen pemuka agama menegaskan kepada masing-masing umat beragama di Indonesia untuk beribadah di rumah masing-masing. Masyarakat juga diimbau agar semakin meningkatkan ibadah lebih dari hari biasanya.

Seruan itu datang dari Pemuka agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Buddha dalam konferensi pers di Kantor Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang disiarkan secara live streaming, Sabtu 28 Maret 2020 lalu.

Namun, sebuah video yang baru-baru ini memperlihatkan sekeluarga di Cikarang nyaris diusir dari rumahnya sendiri lantaran melakukan ibadah online. Video itu pun viral usai diunggah akun Facebook bernama Cristi Agya Veve, Minggu 19 April 2020.

Dalam keterangan, akun tersebut mengaku bahwa peristiwa itu dialami oleh keluarga sepupunya. Tiba-tiba saja ada oknum yang melarang sepupunya untuk melaksanakan ibadah.

“Syalom aku mau sharing ni teman” date, jadi tadi siang sepupu ku yang di Cikarang sedang melangsungkan ibadah online, namun ada pihak yang melarang melangsungkan ibadah sampe” sepupu ku di usir padahal itu rumah nya sendiri, bantu dalam doa ya teman” date semoga sepupu ku dan keluarga tetap baik,” tulis akun tersebut.

Lebih lanjut, ia pun menjelaskan kronologi insiden tersebut. Katanya, pelarangan ibadah ini dilakikan oleh tetangga dan Ketua RT di lingkungan rumah sepupunya yang ada di Rawa Sentul, Cikarang Pusat.

“Kami biasa mengadakan ibadah dirumah setelah kejadian covid-19 ini, dan yang pasti keluarga inti tentunya, namun tiba tiba Pak Hj.Mulyana dan RT datang sontak marah marah sambil bawa kayu dan membubarkan ibadah kami, karna kami ga boleh ibadah dirumah, aku langsung videoin kejadian itu,” kata dia.

Setelah menerobos masuk ke rumah dan marah-marah, oknum tersebut pun pergi. Namun, yang ditakutkan adalah keduanya akan membawa massa karena kejadian ini bukanlah yang pertama.

“lalu dia pergi cuma kami takut nya nnt malam dia akan bawa masa (sekitar 12 tahun yang lalu rumah kami pernah didemo saat ibadah syukuran rumah, dan diteror 1 bulan penuh dilempari batu tengah malam, dan kami terpaksa berjanji agar tidak mengadakan ibadah dirumah) namun yang sangat kami sesali, keluarga kami yg berusaha turut akan anjuran pemerintah untuk beribadah dirumah (keluarga inti dan tidak mengundang siapapun) masih ada saja yang usik,” jelasnya.

Unggahan ini pun viral. Hingga kini videonya sudah ditonton sebanyak 53 ribu kali dan dibagikan sebanyak 3,4 ribu kali. Selain itu juga ada 4 ribu komentar dari netizen yang prihatin atas insiden tersebut.

“Ini akibat lemah nya penegakkan hukum di Indonesia. Ngga ada dalam UU kebebasan beribadah hanya untuk mayoritas. Demi tegaknya hukum kedua org itu hrs ditangkap, diadili dan dihukum,” kata salah satu netizen.

“ya laporkan aja keaparat, krn kita seluruh umat kristiani ibadah dirmh masing2 live streaming 1 keluarga . Ini sesuai anjuran pemerintah dirmh sj. tdk ada yg salah koq . knp ya pak RT nya bs begitu melarang org beribadah,” ungkap netizen lainnya.

Adapula netizen yang mengatakan, “Saya tdk ngerti ibadah dirumah sendiri dan keluarga sendiri terus apa masalahnya dg bapak itu apa menganggu ibadahnya.

Editor:Nn