Kunci Sukses Puasa Ramadhan,Jangan Lupa Ikuti Tips ini !!

oleh -107 views

TRENDSUARA |Bulan Ramadhan adalah bulan penuh ampunan, pahala, dan rahmat dari Allah swt. Oleh karena itu bulan Ramadhan ini harus kita manfaatkan sebaik – baiknya untuk memperoleh pahala dan mendektakan diri kepada Allah.

Dikutip Dalam buku Kunci Sukses Ramadhan karangan Dr. Amir Fashol Fath ,Pirlo.co.id.agar kaum islam dapat meraih kesuksesan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Sukses Berpuasa

Pada bulan Ramadhan Allah mewajibkan seorang muslim yang beriman untuk berpuasa sebagaimana firmannya dalam surah Al- Baqarah ayat 183 : “Hai orang – orang yang beriman, diwajibkan atas kamu sekalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang – orang sebelum kalian agar kamu sekalian bertaqwa.”

Hal ini harus kita sukseskan karena puasa Ramadhan memiliki keutamaan – keutamaan yang sangat luar biasa. Tidak hanya sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh orang muslim, dengan berpuasa Allah akan mengampuni segala dosa – dosa kita sebagaimana telah disebutkan oleh Rasulullah saw bahwa barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan mencari pahala dari Allah, maka akan diampuni seluruh dosa yang dilakukannya.

Ini merupakan bulan yang sangat dirahmati oleh Allah dengan ampunan yang diberikan. Betapa ruginya kalau puasa kita ternyata tidak diridhai oleh Allah karena melanggar aturan – aturan selama berpuasa seperti berdusta, berbuat maksiat. Maka meskipun ia berpuasa, maka puasanya bisa dibilang tidak sukses atau gagal.

Oleh karena itu dalam puasa Ramadhan kamu harus benar – benar menahan dari hawa nafsu dan selalu berbuat kebajikan agar mendapatkan syafaat dari berpuasa.

Sukses Melakukan Shalat Sunnah Tarawih

Saat bulan Ramadhan Rasulullah selalu mengajari umatnya untuk meningkatkan ibadahnya, salah satunya yaitu shalat sunnah pada malam hari yang biasa disebut shalat tarawih.

Dengan rajin melakukan shalat tarawih, Allah tidak hanya mengampuni dosa – dosa kita beberapa tahun ini, melainkan semua dosa – dosa yang pernah kita lakukan sejak kita pertama dilahirkan kedunia. Oleh karena itu kunci sukses berikutnya dalam Bulan Suci Ramadhan yaitu rajin shalat tarawih.

Sukses Tadarus Al-Quran

Allah akan melipat gandakan semua amalan – amalan ibadah yang kita laksanakan ketika bulan Ramadhan. Maka sebagai umat muslim yang telah lancar membaca al-Quran, disarankan untuk setidaknya dalam satu bulan mengkhatamkan 30 juz al-Quran. Dan yang belum lancar bacaannya diharapkan untuk belajar dan berusaha lebih giat lagi.

Sukses Iktikaf dan Lailatul Qadar

Lailatul Qadar merupakan malam yang pahalanya melebihi beribadah selama seribu bulan. Lailatur Qadar jatuh diantara sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Oleh sebab itu kamu sebagai umat muslim harus rajin ibadah untuk mendapatkan manfaatnya. Salah satunya dengan beriktikaf dengan melakukan ibadah semalaman untuk menyambut malam Lailatul Qadar.

Sukses Zakat Fitrah

Suatu kewajiban bagi setiap mukmin untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk membayar zakat fitrah kepada orang – orang yang tidak mampu sebelum bulan Ramadhan berakhir. Semua amalan – amalan yang dilakukan saat bulan Ramadhan akan sia – sia jika tidak dilengkapi dengan zakat fitrah.

Kewajiban zakat fitrah berlaku kepada siapa saja yang beragama islam, baik itu baru berumur satu hari. dan ketika saudara kita kesulitan untuk membayar zakat fitrah, hendaknya kita membantu meringankan bebannya. Jadi dengan sukses menunaikan zakat fitrah, kita akan sukses menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

 

Editor: M.Juanto